Maisarah Putriyandri Atsani (15513242)
1 PA 09
Salah satu penerapan kreativitas di Indonesia, yaitu
INACRAFT 2014
INACRAFT 2014
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki
kemajemukan dengan keanekaragaman kebudayaan baik yang asli maupun serapan
dengan segala kombinasi perpaduan yang ada. Produk kerajinan sebagai bagian
dari Kebudayaan Nasional, yang perlu terus dijaga dan dilestarikan sehingga
bisa dijadikan aset nasional.
Industri kerajinan di Indonesia sudah mulai
menunjukkan potensinya, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya
perajin-perajin baru dengan inovasi-inovasi dan kreatifitas produk-produk yang
baru. Tuntutan ekonomi disertai dengan adanya peluang pasar yang cukup
menjanjikan, membuat industri ini kian semarak dan membawa harapan untuk
perbaikan dan peningkatan perekonomian nasional.
Disinilah peran INACRAFT, sesuai dengan tema sentral
From Smart Village to Global Market, untuk menaungi dan memfasilitasi
produk-produk kerajinan tersebut untuk bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi
baik dari segi komersil maupun dari segi estetika seni. Didaulat sebagai salah
satu pameran kerajinan terbesar yang ada di Indonesia dan sebagai ajang promosi
bagi produksi kerajinan dalam negeri untuk merambah pasar domestik maupun pasar
luar negeri melalui produk-produk unggulan, INACRAFT 2014 yang mengangkat
Kekayaan Warisan Budaya Jawa Tengah sebagai ikon utamanya, juga bertujuan untuk
mengembangkan produk ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan kualitas ekspor
produk kerajinan Indonesia sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif
faktor penunjang perekonomian nasional di era perdagangan bebas ini. Dengan sub
tema “Meningkatkan Kualitas Produk Handicraft Kreatif Untuk Memasuki Pasar
Global” pameran ini diharapkan mampu menunjukkan kepada komunitas kerajinan
internasional, eksistensi dan kompatibilitas industri kreatif kerajinan
Indonesia di tengah-tengah persaingan pasar industri sejenis dengan negara
lain.
The 16th Jakarta International Handicraft Trade Fair
(INACRAFT 2014) merupakan kegiatan promosi produk kerajinan ke-14 dari INACRAFT
dan diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia
(ASEPHI) bekerjasama dengan PT. Mediatama Binakreasi dan akan berlangsung pada
tanggal 23 - 27 April 2014 di Balai Sidang Jakarta Convention Center.
Penyelenggaraan INACRAFT setiap tahunnya telah menjadi
ikon pameran produk Indonesia dan menjadi agenda tahunan pemerintah yang secara
konsisten terus meningkat dari segi kuantitas dan kualitas pameran.
Profil Pameran
Nama
Pameran
|
:
|
The 16th Jakarta International Handicraft Trade Fair
- INACRAFT 2014
|
Tema
|
:
|
From Smart
Village to Global Market
|
Tanggal
|
:
|
23 - 27
April 2014
|
Jam Buka
|
:
|
10.00 am.
- 09.00 pm
|
Lokasi
|
:
|
Hall A
& B, Cendrawasih Hall, Plenary Hall, Assembly Hall & Main Lobby.
Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta - Indonesia
|
Produk
Display
|
:
|
Kerajinan Tangan Indonesia (Gifts, Housewares,
Fashion Product, Jewellery)
(Sumber : www. inacraft.co.id)
|
Analisis
Event pameran INACRAFT 2014 ini sangat bagus diadakan ditengah
krisis akan cinta hasil produk dan budaya Indonesia. Indonesia yang memiliki
kekayaan alam dan budaya seharusnya dapat menjadi faktor eksternal untuk mengembangkan
kreativitas masyarakat Indonesia. Kekayaan alam seperti keindahan alam
contohnya yang dapat menjadi sebuah ide dan inspirasi untuk menghasilkan sebuah
karya berupa lukisan, puisi, lagu, dan sebagainya. Dan budaya yang dapat
menghasilkan suatu produk yang kreatif, contohnya budaya membatik pada kain
yang sekarang telah dikembangkan menjadi membatik untuk tas, sepatu, bahkan pada
makanan dan lain-lain.
Menurut saya, pameran INACRAFT 2014
dapat lebih mengenalkan budaya Indonesia melalui produk-produk kreatif hasil
buatan masyarakat Indonesia. Event ini bukan hanya memperkenalkan produk-produk
tersebut kepada masyarakat Indonesia saja tetapi juga bertujuan untuk
meperkenalkan pada dunia. Selain memperkenalkan budaya Indonesia dan
produk-produk kreatif ala Indonesia, kita juga dapat mematenkan produk-produk
tersebut sehingga kasus pengeklaiman oleh negara lain tidak terulang kembali pada budaya
Indonesia dan produk-produk hasil
kreativitas anak bangsa.
Ada empat alasan mengapa belajar
kreatif itu penting, Refinger(dalam Semawan,1990: 37-38) :
- Belajar kreatif membantu anak menjadi berhasil guna jika kita tidak bersama mereka. Belajar kreatif adalah aspek penting dalam upaya untuk membantu siswa agar mereka lebih mampu menangani dan mengarahkan belajar sendiri.
- Belajar kreatif menciptakan kemungkinan –kemungkinan untuk memecahkan masalah-masalah yang tidak mampu diramalkan yang akan muncul di masa depan.
- Belajar kreatif dapat menimbulkan akibat yang besar dalam kehidupan. Banyak pengalaman yang kreatif yang lebih daripada sekedar hobi atau hiburan bagi manusia. Makin menyadari bahwa belajar kreatif dapat mempengaruhi, semakin mengubah karir dan kehidupan pribadi.
- Belajar kreatif dapat menimbulkan kepuasan dan kesenangan yang besar.
Nah, dari Salah satu penyebab
kreativitas penting bagi kehidupan manusia adalah kreativitas dapat meningkatkan
kualitas hidup manusia dan meningkatkan kemampuan untuk melihat bermacam-macam
kemungkinan dalam menyelesaikan masalah. Begitu juga dengan INACRAFT 2014 yang
bertujuan untuk mengembangkan produk ekonomi kreatif dalam rangka
peningkatan kualitas ekspor produk kerajinan Indonesia sehingga dapat dijadikan
salah satu alternatif faktor penunjang perekonomian nasional di era perdagangan
bebas. Sehingga melalui INACRAFT 2014 dapat menjadi kemungkinan dalam
menyelesaikan salah satu masalah di Indonesia, yaiu masalah ekspor.
Berikut Foto-Foto yang bersangkutan dengan INACRAFT 2014
1. dari sumber : www.inacraft.co.id
2. dari Sumber : www.ghiboo.com
Berikut vidio atau liputan mengenai INACRAFT 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar